Kamis, 18 Juli 2013

Ringkasan Materi Pert 1


A. Pengertian Internet 
Internet   ialah sebuah jaringan  komputer dunia yang disambungkan dengan jaringan  yang lebih kecil dan bergerak lebih perlahan. Ia mempunyai amat banyak informasi  untuk dicapai oleh siapa saja, dan menyediakan penghantaran informasi ke seluruh dunia. Pada saat ini, internet   boleh disambung melalui pelbagai cara menggunakan layanan komersil atau penyedia layanan internet (Internet Service Provider-ISP) yang semakin bertambah   jumlahnya.  Internet   tidak lagi terbatas pada beberapa kalangan, siapa saja  yang ada koneksi komputer boleh menggunakan internet. Internet   akan terus berkembang dan berevolusi, teknologi yang baru akan terus muncul dan menyebabkan sebagian teknologi yang telah ada menjadi usang. Pertumbuhan internet   yang pesat telah mewujudkan cara baru untuk berkomunikasi.
Pertumbuhan internet   sebagai akibat dari perkembangan browser, dan web  grafis yang demikian  relevan. Komponen web  grafis telah menciptakan media baru bagi banyak perusahaan untuk mengiklankan produk mereka dan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Surat elektronik, atau e-mail merupakan satu lagi  fasilitas penting yang dapat digunakan. Oleh karena sifat internet   yang sentiasa berkembang, pengalaman pengguna internet   akan berkembang pula setiap kali mengakses web. Internet   bagaikan sebuah kota elektronik yang sangat besar. Di dalam internet setiap penduduk memiliki alamat (Internet address) yang dapat untuk berkirim surat dan atau bertukar informasi. Apabila  Anda  ingin mengelilingi kota elektronik tersebut, maka komputer adalah kendaraannya. Keterhubungan jalannya bertumpu di atas media telekomunikasi. Pengangkutan akan lambat apabila menggunakan kabel telepon, dan dapat menggunakan leased line (jalur sewaan) atau ISDN. Inilah yang disebut sebagai global village atau ”perkampungan  sejagat
B. Pengertian Intranet


Pengertian Internet - Tentunya banyak pertanyaan yang terlontar dibenak kita mengenai apa yang dimaksud dengan internet? Sebagian orang lebih mengenal internet adalah pencarian google, Nah untuk itulah blog HargaiKataKu ingin berbagi informasi tentang pengertian internet dan intranet.

Sebenarnya google hanyalah salah satu dari sekian banyak mesin pencari didunia, Di Indonesia sendiri google memang menjadi no.1 mesin pencari yang paling banyak digunakan untuk mencari informasi melalui jaringan internet. Jumlah pengguna Internet yang semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet, Internet saa ini telah berkembang pesat dan mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu serta pandangan dunia. Dibanding dengan buku yang berada di perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran ( decentralization ) atau pengetahuan ( knowledge ) informasi dan data secara ekstrem.

Kembali lagi ke topik pembahasan mengenai apakah Internet dan Intranet itu? Inilah pengertian internet & intranet menurut situs wikipedia.

Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari interconnection-networking yang berarti seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite ( TCP/IP ) sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Intranet merupakan sebuah jaringan privat ( private network ) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Secara garis besar sebuah intranet dapat kita pahami sebagai sebuah jaringan internet pribadi yang dimiliki oleh sebuah kelompok atau organisasi.
Sponsored Link:
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa internet dan intranet adalah sebuah komputer yang saling berhubungan sehingga membentuk jaringan dan menciptakan sebuah media informasi yang sangat berpengaruh didunia melalui sebuah situs web yang disediakan oleh mesin pencarian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar